China sangat cemas pada Jepang dan Taiwan

china sangat takut setelah jepang serta taiwan menandatangani perjanjian penangkapan ikan selama laut kurang lebih kelompok pulau bersengketa pada laut china timur, dan jadi pusat konflik beijing melalui tokyo.

kami sangat khawatir selama jepang serta taiwan, yang membicarakan dan menandatangani perjanjian penangkapan ikan, papar juru bicara kementerian luar negeri china, hong lei, pada jumpa wartawan, dalam beijing, rabu.

kami mengharapkan jepang melalui sungguh-sungguh menaati janji-janjinya perihal masalah taiwan juga mengambil tindakan hati-hati dan bisa, katanya.

jepang memiliki hubungan diplomatik cuma dengan china; dan mengakui taiwan untuk wilayah china, akan tetapi negara itu mempertahankan hubungan ekonomi erat dan kebudayaan melalui taiwan.

Informasi Lainnya:

china dan taiwan memiliki pemerintahan terpisah sejak pasukan nasionalis dikalahkan dan lari ke pulau itu di akhir perang saudara melalui komunis dalam 1949. china, manakala perlu akan mencari kekuatan militer agar mengembalikan taiwan dibawah kekuasaannya.

kendati china pada umumnya senang pada taiwan menandatangani perjanjian-perjanjian perdagangan dan usaha melalui negara-negara lain tampaknya negara tersebut tidak setuju selama perjanjian-perjanjian yang menyatakan taiwan adalah Satu negara dan berdaulat.

jepang mencapai kata sepakat dengan taiwan supaya mengizinkan kapal-kapal nelayan taiwan beroperasi dalam bagian dari zona ekslusif jepang dalam kurang lebih pulau-pulau yang dikuasai jepang, sementara juga diklaim dengan china juga taiwan.