Program e-KTP bantu transformasi kepesertaan Jamsostek

program e-ktp sangat membantu transformasi kepesertaan garansi sosial daripada pt jamsostek ke bpjs kesehatan juga serta pemutakhiran data kepesertaan bpjs ketenagakerjaan.

direktur perencanaan dan pengembangan pt jamsostek, agus supriyadi, dalam jakarta, minggu, menungkapkan keberadaan e-ktp menjadi berkah bagi perusahaannya sebab pada saat dua bumn bersiap supaya bertransformasi, kemendagri menyelesaikan program e-ktp.

bagi pt jamsostek, adanya ktp elektronik itu menjadi berkah karena mempermudah pemutakhiran data kepesertaan yang sedang dilakukan untuk bagian dari program transformasi menjadi bpjs ketenagakerjaan, kata agus.

dijelaskannya, dalam senin (15/4) mau dilakukan penandatanganan kerja sama (pks) antara ditjen kependudukan serta pencacatan sipil kemdagri dengan pt jamsostek mengenai pemanfaatan e-ktp bagi bumn tersebut.

Informasi Lainnya:

melalui pks tersebut dengan demikian kami mampu memanfaatkan data kependudukan supaya pemutakhiran data kepesertaan garansi sosial, kata agus.

pemutakhiran data kepesertaan diperlukan karena data yang ditawarkan ketika ini belum lengkap karena seusai berusaha selama suatu perusahaan ataupun pindah kerja dengan begini acap kali pt jamsostek kehilangan kontak peserta karena data yang dikemas mengacu selama perusahaan berlalu.

perusahaan dan berlarut juga sering kehilangan kontak di mantan pekerjanya. melalui diberlakukannya e-ktp dan menerapkan nomor tunggal (single number) dengan begini adanya peserta mampu dikenal dimana pun mereka berada, kata agus.

nomor tunggal e-ktp itu juga dimanfaatkan oleh perbankan, asuransi, pajak, imigrasi juga layanan publik lainnya.

berdasarkan data yang diperoleh sekarang telah sekitar 180 juta warga mendapatkan e-ktp, tetapi jumlah warga diperkirakan kurang lebih 250 juta.

dengan kepesertaan yang terdata lebih baik, dengan demikian pt jamsostek ingin lebih tidak sulit membeli fitur layanan baru serta uang dan dikeluarkan agar pelayanan lebih murah dan serta beragam.

agus memberi contoh, pada ini pada pelaksanaan one day service supaya layanan klaim acap terbentur di verifikasi data. kedepan, melalui nomor tunggal dengan begini permasalahan tersebut sudah bisa diatasi serta pekerja ataupun keluarga mendapat bantuan lebih cepat, tutur agus.

begitu dan dengan penegakan hukum, kata agus, instansi berwenang dapat menggunakan nomor tunggal itu untuk mencekal pengusaha dan melanggar peraturan perundangan.

atas kerja sulit kemendagri itu, pt jamsostek mengapresiasi keberadaan e-ktp tersebut.