Hakim tidak takut pembalasan pihak luar

ketua mahkamah konstitusi, akil mochtar, menyampaikan, negara hukum mensyaratkan hakim yang tak cemas pembalasan daripada pihak luar, karena bertindak independen juga imparsial dalam mencari putusannya.

hal ini diungkapkan mochtar ketika pidato usai sumpah jabatan dibuat ketua mk pada depan delapan hakim konstitusi lain dan pilihan pimpianan lembaga serta seluruh tokoh sebagai tamu undangan dalam jakarta, jumat.

pernyataan itu dikutip mochtar daripada kelly fb william dalam buku an independent judiciary: the core of the rule of law.

saya bersama-sama dengan dan mulia para hakim konstitusi hendak menegaskan mk hendak selalu berusaha selama prinsip-prinsip independensi, kata mochtar.

Yang Lain: mencar Peluang Usaha - Peluang usaha Internet - Peluang Usaha - mencar Peluang Usaha

dia menegaskan, menjaga independensi mk merupakan komitmen yang terus menjadi prioritas serta hendak dikedepankan.

komitmen ini amat strategis agar mengingatkan kita dalam negara hukum demokratis, pengadilan mesti demokratis, pengadilan haruslah memiliki kekuatan, untuk menolak godaan dan menolak semua jenis intervensi dibandingkan manapun, tegasnya.

mochtar menegaskan, independensi hakim merupakan harga mati.

hanya dengan hakim juga pengadilan dan independen inilah, hakim ingin mampu memberhentikan perkara secara adil. serta bagi hakim, putusan yang memenuhi rasa keadilan demikian mahkota terindah, tuturnya.