Empat calon bos WTO tersisih

dua kandidat daripada afrika tumbang pada pencalonan sebagai direktur jenderal organisasi perdagangan dunia (wto), bersama dua kandidat yang lain dari costa rica juga yordania.

ketidaklolosan keempat kandidat ini mebuat marah negara tambah besar, papar duta besar kenya untuk wto anthony andanje kepada afp.

mereka bilang di kami bahwa kaum calon dari ghana, costa rica, kenya serta yordania tak didukung luas, tutur andanje pada jenewa.

andanje mengatakan kenya benar-benar tidak senang atas jalannya proses pencalonan bos wto tersebut.

Informasi Lainnya:

proses seleksinya cacat dan prosedurnya sudah dilanggar, papar dia semisal dikutip afp.

sembilan kandidat akan berlomba menggantikan pascal lamy dan orang prancis dan mantan komisi perdagangan uni eropa dan sudah empat tahun memimpin wto.

negara-negara maju berlomba mencalonkan diri agar pemilihan 1 september yang akan datang.

namun tersisihnya mantan dubes kenya pada wto amina mohamed, menteri perdagangan costa rica anabel gonzalez, ahmad hindawi dari yordania serta alan kyerematen daripada ghana, membuat dubes brazil agar wto roberto azevedo merupakan keinginan memimpin wto.

namun calon kunci yang lain daripada indonesia menparekraf mari pangestu merupakan salah Salah satu dari tiga kandidat hawa agar mengetuai wto.

calon-calon yang lain adalah wakil mexico herminio blanco mendoza, taeho bark daripada korea selatan juga tim groser dari selandia masih.

tidak seperi badan pbb yang lain, ketua wto dipilih menurut sistem konsensus.

didirikan pada 1995, wto bertujuan memajukan negosiasi perdagangan global demi pertumbuhan dengan membuka pasar juga menyingkirkan hambatan perdagangan, termasuk subsidi, pajak yang tinggi serta regulasi.