DPR ikuti pertemuan perangi korupsi di Meksiko

delegasi dpr-ri ingin memenuhi pertemuan tahunan pimpinan parlemen negara-negara anggota g-20 di meksiko yang membahas isu melawan korupsi.

isu (memerangi korupsi) tersebut merupakan salah Salah satu jadwal bermanfaat pertemuan pimpinan parlemen bertajuk `the 4th meeting of g-20 speakers consultation forum` dan berlangsung pada mexico city, pada 3--5 april 2013, kata wakil ketua dpr koordinator ekonomi serta keuangan (korekku) mohamad sohibul iman di jakarta, selasa.

dalam penjelasan dengan tenaga ahli media wakil ketua dpr korekku h muarif, ia menunjukan selain sohibul iman, delegasi dpr-ri dan hadir adalah ketua badan kerja sama antar-parlemen (bksap) dr kh surahman hidayat, m.a, dan wakil ketua bksap hayono isman.

kami ingin bahas isu perang melawan korupsi bersama pimpinan parlemen dibandingkan negara-negara anggota g-20, tergolong isu penting yang lain semisal reformasi sistem keuangan, ketahanan pangan, sampai persoalan lingkungan hidup, katanya.

ia mengajarkan, pertemuan pimpinan parlemen negara-negara anggota g-20 merupakan agenda tahunan yang sudah diikuti indonesia sejak pertama kali diselenggarakan dalam 2010.

Yang Lain: Dealer Honda Jakarta - Harga dan Informasi Mobil Honda - Dealer Honda Jakarta

disebutkan bahwa dari pertama kali diadakan di ottawa, kanada tahun 2010, kemudian seoul, korsel pada 2011 juga riyadh, saudi arabia di kemarin, indonesia selalu berpartisipasi aktif.

selain membahas berbagai persoalan itu, tutur dia, dijadwalkan pula delegasi indonesia bakal menggelar pembahasan bilateral melalui delegasi meksiko juga rusia.

pembicaraan tersebut merupakan bermanfaat sebab selain tuan rumah, tahun 2012 meksiko merupakan ketua g-20. sementara, melalui delegasi rusia kita perlu adakan pertemuan mengingat tahun 2013 ini rusia menjadi ketua g-20, ujarnya seraya menyebut kedua pertemuan tersebut dilakukan pada sela-sela persidangan.

sohibul yakin, indonesia bakal ada mengikuti faedah dibandingkan semua isu dan dibahas pimpinan parlemen negara-negara g-20.

apalagi, papar dia, pertemuan itu dijadwalkan hendak diikuti pula dengan delegasi parlemen eropa dan presiden parlemen dunia (ipu) abdulwahad radi.

ia menambahkan, sebagaimana pertemuan-pertemuan sebelumnya, pertemuan selama mexico city tersebut bakal diakhiri dengan pernyataan bersama pimpinan parlemen negara-negara anggota g-20.