Rusia dukung Swiss tuan-rumahi perundingan Korea

menteri luar negeri rusia sergei lavrov pada jumat menungkapkan mendukung gagasan swiss menuan-rumahi perundingan enam negara pada upaya meredakan ketegangan atas korea utara.

sejauh aku mengerti, swiss siap menawarkan ranah ramahnya untuk perundingan enam bagian, dengan harapan bahwa itu diselenggarakan. kami tidak menentang prakarsa tersebut, kata lavrov pada wartawan sesudah bertemu dengan timpalan swiss-nya, didier burkhalter.

pembicaraan tersebut, dan menyertakan korea utara serta korea selatan, cina, rusia, amerika amerika juga jepang, dibekukan dari 2009 setelah korea utara bagus diri pada menanggapi hukuman perserikatan bangsa-bangsa atas kegiatan peluru kendalinya.

ada enam putaran terpisah antara 2003 sampai 2007 dan swiss di pekan kemarin menyediakan bantuan ketika ketegangan memuncak dalam semenanjung korea.

Informasi Lainnya:

negara netral swiss mempunyai lima tentara dalam garis gencatan senjata selama diantara kedua korea tersebut, dijadikan bagian dari komisi negara nonblok pemantau gencatan senjata sejak perang korea dalam 1950-an.

negara tersebut serta mempunyai kantor jembatan selama pyongyang, ibukota korea utara, dan komunis.

pemimpin negara terkendali ketat tersebut, kim jong-un -yang ketiga selama wangsa pemimpin kuat- melewatkan beberapa tahun sekolah selama swiss di bawah kedok putra pengemudi kedutaan.

menteri luar negeri amerika serikat john kerry di jumat menyuarakan dukungan negaranya supaya korea selatan bergerak menuju pembicaraan dengan pyongyang.

saat berbicara pada wartawan selama seoul, kerry menungkapkan pemimpin korea utara kim jong-un membuat kesalahan besar jika memaksakan peluncuran peluru kendali, serta mendesak china berusaha lebih keras mengendalikan sekutunya selama pyongyang.

tapi, dengan ketegangan di semenanjung korea di tingkat tertinggi pada bertahun-tahun, kerry mengatakan washington juga mencari menghormati pandangan president korea selatan park geun-hye, dan terpilih atas janji keterlibatan lebih besar melalui pyongyang.

president park terpilih melalui pandangan berbeda bagi kemungkinan perdamaian dan kami menghormati pandangan tersebut, kata kerry.

kami siap berusaha dengan keyakinan kiranya hubungan utara dengan selatan bisa meningkat serta mereka bisa membaik sangat segeralah. aku pikir, kami sudah meminimalkan retorika kami secara berarti dan kami bekerja menemukan langkah agar kewajaran menang dalam sana, tambahnya dikutip afp.